Analisis Menurunkan Waktu Stagnasi Waiting For Service Terhadap Total Lead Time Service Kendaraan Pelanggan Daihatsu

Wardana, Hasbi (2018) Analisis Menurunkan Waktu Stagnasi Waiting For Service Terhadap Total Lead Time Service Kendaraan Pelanggan Daihatsu. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)

Abstract

PT. Kharisma Sejahtera Daihatsu Diponegoro Surabaya Merupakan Perusahan yang bergerak dalam bidang jasa industry otomotif. Perusahaan ini salah satu Bengkel yang melayani Penjualaan kendaraan Daihatsu, Perawataan service Berkala kendaraan Daihatsu dan penjualan spare part kendaraan Daihatsu. Daihatsu Kharisma Sejahtera menerapkan program ICSK ( Integrated Customer Satisfaction Kaizen ) yang diluncurkan oleh ADM ( Astra Daihatsu Motor ) di tiap – tiap cabang dealer. Didalam program ICSK ini terdapat item Lead Time, “Lead Time” dalam program ini maksudnya adalah total waktu mulai dari pelanggan masuk ke dalam bengkel hingga kendaraan diinformasikan selesai kepada pelanggan. Dari target lead time yang ditentukan oleh Astra Daihatsu Motor yaitu 2 jam 30 menit, namun actualnya, berdasarkan data yang penulis kumpulkan dari bulan November hingga Februari, tidak ada satupun yang mencapai target yaitu 2 jam 48 menit 28 detik dengan waktu leadtime waiting service 52 menit 36 detik dan melebihi waktu ideal yang di tentukan. Dari hasil penelitian diagram fishbone dan PDCA ( Plan, Do, Check, Action ) di temukan beberapa factor yang menyebabkan tingginya waktunya stagnasi waiting service. Hasil yang di dapatkan dari beberapa perbaikan dari faktorfaktor tersebut adalah menurunnya waktu stagnasi waiting service sebesar 29 menit 21 detik. Hasil tersebut merupakan hasil penelitian analisa factor-faktor penyebab lamanya waktu stagnasi waiting service serta memetakan solusi dari permasalahan tersebut yang kemudian dilakukan perbaikan sehingga dapat menurunkan waktu stagnasi waiting service. Jika dilakukan konsinten dan berkelanjutan maka bisa terus memperbaiki lead time waiting service dan lead time total service dan bisa meningkatkan pendapatan profit perusahaan di PT. Kharisma Sejahtera Daihatsu diponegoro Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lead time, fishbone diagram dan PDCA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 20 Aug 2018 09:20
Last Modified: 20 Jul 2022 04:15
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item