Perancangan Fasilitas Pendidikan Inklusif (Anak Autis dan Anak Normal)di Kabupaten Gresik

Pradana, Prayoga Ardi (2018) Perancangan Fasilitas Pendidikan Inklusif (Anak Autis dan Anak Normal)di Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan inklusif di Indonesia saat ini berada dalam tahap perkembangan.Banyak di antaranya masih dalam proses penyempurnaan terutama di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Gresik. Kabupaten Gresik sudah mencanangkan diri sebagai kabupaten pendidikan inklusif, namun ada beberapa kendala dalam mewujudkan hal tersebut. Salah satunya yaitu masih banyak anak berkebutuhan khusus yang belum tertangani dengan baik terutama anak penyandang autisme. Di Kabupaten Gresik sendiri cukup banyak anak penyandang autisme dan terus mengalami peningkatan pada usia 5-13 tahun. Dengan adanya permasalahan tersebut, diperlukan suatu perencanaan untuk wadah pengaplikasian dan penyetaraan anak autis melalui pendidikan. Fasilitas pendidikan inklusif adalah salah satu solusi untuk memberikan akses pendidikan yang layak kepada anak autis.Pendidikan inklusif sendiri tidak hanya menaungi anak kebutuhan khusus namun juga anak normal lainnya. Perilaku anak autis sedikit banyak dapat mempengaruhi proses pendidikan. Oleh karena itu, wadah yang akan dibuat harus memberikan kesetaraan kepada anak autis sehingga tidak ada diskriminasi di antara para pelaku pendidikan. Sebuah perancangan yang dikonsep ramah terhadap kedua pelaku pendidikan yaitu anak normal dan autis dengan pendekatan pada bentukan bangunan secara arsitektural, sirkulasi dalam ruang, petunjuk-petunjuk dalam ruang, penghawaan ruang, pencahayaan ruang dan fasilitas pendukung lainnya diharapkan dapat mewujudkan inklusivitas yang positif pada wadah yang mereka aktivitasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fasilitas pendidikan inklusif, anak autis, anak Normal,Kabupaten Gresik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 13 Aug 2018 12:09
Last Modified: 13 Aug 2018 12:09
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item