Penentuan Prioritas Sistem Work Order dengan Metode Analitycal Hierarchy Process dan K-Means Clustering (Studi Kasus : Pt. Telkom Akses Witel Surabaya Utara)

Prasetyo, Dimas Suryo Dwi (2020) Penentuan Prioritas Sistem Work Order dengan Metode Analitycal Hierarchy Process dan K-Means Clustering (Studi Kasus : Pt. Telkom Akses Witel Surabaya Utara). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (879kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. Telkom Akses witel Surabaya Utara adalah salah satu anak perusahaan dari Telkom dimana termasuk dalam divisi regional V Jawa Timur. PT. Telkom Akses witel Surabaya Utara sendiri memiliki beberapa divisi operasional dibawahnya, salah satunya adalah divisi unit CCAN (Coorporate Customer Access Network). Penelitian ini ditujukan pada teritori SBU 1 (Surabaya Utara 1) dan bersegmen DGS (Division Government Service) dimana memiliki prioritas tertinggi dalam pendistribusian work order dan penanganannya. Oleh karena itu, penentuan prioritas dalam sistem work order ini dilakukan penyusunan prioritas dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan K-Means Clustering untuk mengeksekusinya mengunakan aplikasi expert choice dan Matlab. Hasil penelitian pada SBU 1 terdapat 3 cluster melalui metode K-Means Clustrering, jumlah pelanggan pada cluster 1 sebesar 9 pelanggan, pada cluster 2 sebesar 85 dan pada cluster 3 sebesar 38 pelanggan. Dengan metode AHP, untuk prioritas pertama antar cluster terdapat pada cluster 3 dengan TOP 20 dan TOP 100 sebesar 38 pelanggan, prioritas kedua dengan TOP 200 sebesar 85 pelanggan dan prioritas ketiga engan TOP 1000 sebesar 9 pelanggan. Sementara untuk nilai prioritas pelanggan pada cluster 1 tertinggi sejumlah 1.26 dan terendah sejumlah 0.31, pada cluster 2 tertinggi sejumlah 1.32 dan terendah sejumlah 0.36, dan pada cluster 3 tertinggi sejumlah 2.01 dan terendah sejumlah 0.53 . Kata kunci : Analitycal Hierarchy Process (AHP), Expert choice, K-Means Clustering, Matlab, Penentuan prioritas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Dimas Suryo Dwi Prasetyo
Date Deposited: 25 Sep 2020 00:17
Last Modified: 25 Sep 2020 00:17
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/5816

Actions (login required)

View Item View Item