EFEKTIVITAS PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING IBU BEKERJA YANG MENGALAMI WORK-FAMILY CONFLICT

Susanti, Ruth Natalia (2017) EFEKTIVITAS PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING IBU BEKERJA YANG MENGALAMI WORK-FAMILY CONFLICT. Masters thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan mindfulness untuk meningkatkan psychological well-being ibu bekerja yang mengalami work-family conflict. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pelatihan mindfulness efektif dalam meningkatkan psychological well-being ibu bekerja yang mengalami work-family conflict. Kabat-Zinn mendefinisikan mindfulness sebagai sebagai kesadaran yang muncul akibat memberi perhatian terhadap sebuah pengalaman saat ini secara disengaja dan tanpa penilaian agar mampu merespon dengan penerimaan, dan bukannya bereaksi, terhadap pengalaman yang dialami sehari- hari (Kabat-Zinn, 1989). Riff (1989) mendefinisikan psychological well-being sebagai kondisi individu yang dapat menerima kekurangan dan kelebihan dirinya, mampu membina hubungan yang positif dengan orang lain, memiliki kemandirian, dapat mengatur kehidupan dan lingkungannya secara efektif, memiliki tujuan hidup, serta terus mengembangkan dirinya. Sementara ibu bekerja yang mengalami work-family conflict yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sebagai wanita yang telah menikah dan memiliki tanggung jawab sebagai istri atau ibu dari anak-anaknya sekaligus bekerja di luar rumah sebagai wanita karir yang mengalami ketidakseimbangan antara pekerjaan dan keluarga di mana peran ibu dalam pekerjaan dan peran dalam keluarga saling mengganggu. Dalam menguji validitas hipotesis, 4 orang ibu bekerja dengan skor tinggi pada work-family conflict dan skor rendah pada psychological well-being dipilih menjadi subjek penelitian. Data penelitian didapatkan dari skala work-family conflict dan skala psychological well-being. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain ekperimen one group pretest posttest design. Dengan menggunakan SPSS version 20 dengan Wilcoxon Signed-Rank Test, didapatkan nilai z sebesar -2.000 dengan p = 0.046 (p<0.005). Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan pelatihan mindfulness dalam meningkatkan psychological well-being ibu bekerja yang mengalami work-family conflict.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: mindfulness practice, psychological well-being, working mothers, work-family conflic
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 25 Jul 2018 11:54
Last Modified: 25 Jul 2018 11:54
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item