Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Wayang Kulit Ramayana Dengan Metode Augmented Reality Berbasis Mobile Untuk Siswa SD

Tri Wahyu, Saputro (2020) Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Wayang Kulit Ramayana Dengan Metode Augmented Reality Berbasis Mobile Untuk Siswa SD. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (810kB)
[img] Text
JURNAL_Tri Wahyu Saputro .pdf

Download (554kB)
[img] Text
HASIL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wayang kulit adalah kesenian negara Indonesia yang mengalami problem yang begitu serius. Dimana pada saat ini minat penonton lama kelamaan semakin menyusut. Banyak generasi milenial yang tidak tau bahkan tidak mempunyai minat untuk melestarikanya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi media pengenalan wayang yang berbasis android dengan menggunakan metode Augmented Reality yang menampilkan objek 3D ke dalam marker yang disertai dengan informasi dan cerita sejarah tokoh Wayang Kulit Ramayana. Dari hasil penelitian ini maka penulis berharap aplikasi ini dapat menjadi sarana dalam melestarikan dan juga memberikan informasi mengenai bentuk dan kisah dari karakter wayang menarik dan interaktif. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara salah satu negara asia tenggara . Yang kaya akan keanekaragaman budaya, suku, bahasa, adat istiadat dan kesenian di setiap wilayahnya. Dimana saat ini banyak budaya-budaya asing yang masuk ke Negara Indonesia. Hal ini yang mengakibatkan terjadinya akulturasi budaya. Dari beberapa dampak masuknya budaya asing ke Negara Indonesia tersebut, dampak yang paling buruk adalah melemahnya nilai-nilai kesenian dan budaya Bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Tri Wahyu Saputro
Date Deposited: 12 Sep 2020 06:44
Last Modified: 12 Sep 2020 06:44
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/5447

Actions (login required)

View Item View Item