OOD CORPORATE GOVERNANCE MEMODERASI EARNING MANAGEMENT, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Property And Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2016)

Septiani, Henny (2018) OOD CORPORATE GOVERNANCE MEMODERASI EARNING MANAGEMENT, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Property And Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-FIX.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) saling berkompetisi untuk menarik para investor baik investor domestik maupun investor asing, salah satu perusahaan yang saat ini menarik adalah perusahaan sub sektor property and real estate. Tujuan perusahaan menarik para investor adalah untuk memperoleh sumber pendanaan bagi kegiatan operasional perusahaan, jika sumber pendanaan perusahaan mencukupi, maka perusahaan mampu memberikan benefit yang baik bagi para stakehoder-nya seperti pemberian return yang tinggi bagi para stakeholder. Perusahaan yang mampu memberikan return yang tinggi bagi stakeholder-nya, maka akan membangun persepsi bahwa perusahaan mampu meningkatkan kemakmuran pemilik atau para stakeholder. Tingkat kemakmuran stakeholder dapat diukur dari nilai perusahaan, oleh karema itu meningkatkan nilai perusahaan akan diikuti dengan meningkatnya kemakmuran stakeholder (Pangrasa, 2013). Peningkatan nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain faktor keuangan dan faktor non keuangan. Faktor keuangan (financial factors) dapat diukur dari kinerja keuangan perusahaan seperti earning management, profitabilitas, leverage,dan struktur modal, sedangkan faktor non keuangan (non financial factors) merupaka faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan yang berasal dari luar lingkup perusahaan, seperti CSR dan ukuran perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh variabel eraning management, corporate social responsibility, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan sub sektor property and real estate. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 perusahaan. Teknik pengumpulan data pada penilitian in adalah metode dokumentasi dengan menggunakan jenis data sekunder yakni annual report yang diperoleh www.idx.co.id. Teknik penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang sesuai dengan kriteria dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 perusahaan property and real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2012-2106. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan program Smart Partial Least Square (SmartpLS) versi 3.2.7 for windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel profitabilitas dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel earning management, corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan struktur modal berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaa. Temuan lain dari penelitian ini membuktikan bahwa GCG bukan variabel moderasi pengaruh variabel X(eraning management, corporate social responsibility, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan struktur modal) terhadap variabel Y (nilai perusahaan). Variabel eraning management dengan indikator discresionary accrual berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.Temuan ini dapat diartikan bahwa besarnya intervensi manajemen laba yang dilakukan olehpihak agent tidak mempengaruhi persepsi stakeholder terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini, perusahaan property and real estate memiliki tingkat manajemen laba yang cenderung kecil, sehingga intervensi ini diabaikan oleh para stakeholder. Manajemen laba yang tidak memberikan pengaruh pada persepsi stakeholder disebabkan pula keterbatasan informasi yang diketahui oleh para stakeholder, sehingga intervensi manajemen laba sukar untuk terdeteksi. Variabel corporate social responsibility direfleksikan dengan indikator CSDI berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini dapat diartikan bahwa pelaksanaan program CSR tidak memberikan pengaruh pada persepsi stakeholder dalam mengukur nilai perusahaan. Variabel ukuran perusahaan dengan indikator Ln TA berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel struktur modal yang direfleksikan dengan indikator LDAR dan LDER berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel yang paling dominan atau yang memberikan pengaruh paling besar adalah variabel profitabilitas dengan indikator NPM. Temuan ini dapat diartikan bahwa perusahaan property and real estate harus selalu berupaya meningktakan laba perusahaan, agar nilai perusahaan akan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: earning management, corporate social responsibility, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, struktur modal , nilai perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 12 Jul 2018 13:02
Last Modified: 12 Jul 2018 13:02
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item