Perancangan Game Berbasis Android Sebagai Upaya Peningkatan Kepedulian Lingkungan Anak Usia Sekolah Dengan Menggunakan Metode Life Cycle Assessment (LCA)

Prasetyo, Kristian (2020) Perancangan Game Berbasis Android Sebagai Upaya Peningkatan Kepedulian Lingkungan Anak Usia Sekolah Dengan Menggunakan Metode Life Cycle Assessment (LCA). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Turnitin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia seperti bencana alam, isu global warning, dan juga pencemaran udara sebagian besar adalah merupakan ulah dari manusia. Kurangnya kepedulian dalam menjaga serta melestarikan lingkungan merupakan salah satu faktor terjadinya bencana alam tersebut. Hal tersebut juga menguatkan keyakinan tentang perlunya implementasi tentang pendidikan lingkungan di seluruh level pendidikan baik di sektor formal maupun non formal. Dalam upaya memupuk rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan harus diajarkan sejak usia dini yaitu dengan bermain game. Penulis juga akan merancang suatu game android yang ditunjukkan untuk anak usia sekolah yaitu usia 9-12 tahun yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian anak-anak di usia sekolah. Game itu nantinya diberi nama Ayo Peduli Lingkungan. Dimana pada game itu juga dirancang dengan model Virtual Reality (VR) dan game ini juga mempunyai permainan membuang sampah ke tempat sampah sesuai jenisnya dan hemat energi dengan menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA), acuan score pada game ini adalah dari perhitungan LCA dengan menggunakan software simapro 7.1.8, lalu melakukan uji usability dengan menggunakan SUS (System Usabiltiy Scale) dan juga design of Experiment yang berhubungan juga dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kepedulian anak terhadap hasil game yang sudah dimainkan. Dari metode yang digunakan untuk uji usability menunjukkan hasil bahwa game ini masih masuk dalam kategori C yaitu acceptance. Pada DOE setelah menentukan kombinasi komponen subfaktor, score, efek, lalu menghitung sum of squares dan degree of freedom, dan mean of squares menunjukkan hasil bahwa semua faktor yang sudah dihitung menujukkan ada pengaruh tingkat kepedulian anak usia sekolah terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Lingkungan, Life Cycle Assessment (LCA), game, System Usability Scale (SUS), Design of Experiment.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Kristian Prasetyo
Date Deposited: 19 Aug 2020 01:15
Last Modified: 28 Mar 2024 07:32
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item