Analisis Turn Round Time Di Terminal Petikemas Surabaya (Studi Kasus : PT Terminal Petikemas Surabaya)

Pramitasari, Devy Indah (2020) Analisis Turn Round Time Di Terminal Petikemas Surabaya (Studi Kasus : PT Terminal Petikemas Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (726kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terminal Petikemas merupakan mata rantai penting dalam sistem transportasi barang lewat laut. Kinerja terminal petikemas adalah indikator yang dibutuhkan untuk menilai kelancaran operasional terminal petikemas dalam melayani kegiatan transportasi barang dan pengembangannya kedepan. Analisa kinerja operasional Terminal Petikemas akan berdampak pada upaya peningkatan pelayanan saat ini dan masa mendatang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis waktu efektif serta faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi waktu putar kapal (Turn Round Time) di terminal petikemas tepatnya di PT Terminal Petikemas Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengolah dan menganalisa data jumlah kapal serta waktu kedatangan hingga waktu putar kapal. Dalam perhitungan data didapatkan hasil bahwa waktu efektif untuk Turn Round Time (TRT) belum memenuhi efektifitas TRT karena nilai TRT mencapai 23,97 jam atau mendekati 24 jam perharinya. Dan didapatkan nilai BOR 71,52 %. Untuk faktor - faktor yang berpengaruh terhadap TRT yang paling tinggi adalah kegiatan Stevedoring (proses diturunkannya barang–barang muatan dari dek kapal menuju ke pinggir pelabuhan dengan menggunakan alat-alat berat bongkar muat) dengan nilai rata - rata 8,03 jam. Dengan penerapan penambahan panjang dermaga 1000 m dapat mengurangi kepadatan di dermaga dengan ditandai nilai BOR 66,85 %. Serta diharapkan pengaturan waktu pemberangkatan dan penambatan kapal agar waktu putar kapal berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BOR, Efektifitas, Kinerja Terminal Petikemas, Turn Round Time
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Pramitasari Dey Indah
Date Deposited: 06 Aug 2020 02:18
Last Modified: 18 Jul 2022 05:40
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item