Aziz, Sheef Ay Ful (2020) Studi Eksperimental Pengaruh Mapping Sudut Pengapian Dan Bahan Bakar Terhadap Performa Mesin Motor Matic Injeksi. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (723kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
JURNAL TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi telah mendorong usaha pada bidang otomotif untuk menciptakan teknologi yang semakin maju.Diantara teknologi tersebut adalah pengembangan mesin kendaraan dengan sistem bahan bakar injeksi (EFI), dengan menggunakan kontrol elektronik yaitu Elektronic Control Unit (ECU). Pengaturan-pengaturan ulang dalam ECU disebut engine remapping ini sangat penting dilakukan untuk mesin yang sudah digunakan lebih dari 5 tahun, atau terjadi hal-hal kerusakan pada sensor dan actuator pada mesin sehingga performa mesin mengalami penurunan atau meningkatkan performa mesin lebih meningkat dari setingan awal pabrik.Banyaknya ilmu pengetahuan khususnya ilmu otomotif pada system injeksi, maka permasalahan yang akan saya bahas adalah mencakup performa mesin motor matic yang telah di re-mapping Engine Control Unit ( ECU ) nya dengan variasi mapping dan bahan bakar Adapun batasan masalah adalah sebagai berikut:Dilakukan pada motor matic injeksi Honda Vario 125cc tahun pembuatan 2013,Variasi mapping sudut pengapian 8°, 12°, 14°, Variasi bahan bakar premium, petalite, dan pertamax,Pengujian menggunakan ECU Juken 5 produk dariBintang Racing Team (BRT),Parameter yang diamati adalah daya, torsi, konsumsi bahan bakar, metode random sampling, dan dynotest.Berdasarkan penelitian studi eksperimental pengaruh mapping sudut pengapian dan bahan bakar terhadap performa mesin motor matic Injeksipada motor Honda Vario 125 cc yang dilakukan di RAT Motor Sport Sedati Sidoarjo menggunakan metode random sampling, didapatkan daya maksimum sebagai berikut:Daya maksimum pada sudut14º ( variasimapping sudut maju ) dengan bahan bakar pertalite yaitu sebesar 9,9 HP pada putaran 5126 rpm.Daya maksimumpada sudut 12º(sidut standar ) dengan bahan bakar pertalite yaitu sebesar 8,9 HP pada putaran 5077 rpm. Kata kunci : ECU BRT Juken, Performa,Mapping, Daya, Torsi, Konsumsi Bahan Bakar, Random Sampling
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : ECU BRT Juken, Performa,Mapping, Daya, Torsi, Konsumsi Bahan Bakar, Random Sampling |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin |
Depositing User: | Sheef Ay Ful Aziz |
Date Deposited: | 31 Jul 2020 02:31 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:20 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/4116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |