PENERAPAN SMART AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PERALATAN BENGKEL DI POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA

Aprianto, Hari (2020) PENERAPAN SMART AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PERALATAN BENGKEL DI POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
1461600037_HariAprianto_Abstrak.pdf

Download (353kB)
[img] Text
1461600037_HariAprianto_Bab1.pdf

Download (80kB)
[img] Text
1461600037_HariAprianto_Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
1461600037_HariAprianto_Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1461600037_HariAprianto_Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
1461600037_HariAprianto_Bab5.pdf

Download (128kB)
[img] Text
1461600037_HariAprianto_DaftarPustaka.pdf

Download (74kB)
[img] Text
1461600037_HariAprianto_Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1461600037_HariAprianto_Jurnal.pdf

Download (667kB)
[img] Text
1461600037_HariAprianto_HasilTurnitin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi Augmented Reality pada beberapa tahun ini dapat diterapkan sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk menarik minat belajar siswa, dengan menggabungkan objek 3D dengan dunia nyata akan membuat media belajar menjadi lebih menarik. Pada penelitian ini akan mengembangkan aplikasi media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality dengan model target untuk interaksi dengan objek 3D studi kasus bengkel Politeknik Pelayaran Surabaya. Metode yang diambil untuk pengembangan aplikasi ini adalah SDLC (Software Development Life Cycle) dengan tahapan yang dimulai dari observasi tentang materi pembelajaran tentang alat yang akan di jadikan objek 3D pada aplikasi yaitu: mesin bubut, mesin bor, dan ragum. Setelah mendapatkan data materi pembelajaran, langkah selanjutnya adalah membuat objek 3D dengan aplikasi Blender, kemudian proses building aplikasi objek 3D akan di konfigurasi dengan model target menggunakan aplikasi Vuforia yang di implementasikan pada software Unity 3D. Hasil dari pengembangan aplikasi ini adalah sebuah media pembelajaran yang berjalan pada Smartphone dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang interaktif, aplikasi nantinya akan menggunakan model target untuk interaksi user dengan objek 3D yang ada pada aplikasi. Kata Kunci : Augmented Reality, 3D, Model Target, Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, 3D, Model Target, Media Pembelajaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Hari Aprianto
Date Deposited: 15 Jul 2020 00:56
Last Modified: 15 Jul 2020 00:56
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item