ANALISA SIFAT MEKANIK DAN KARAKTERISTIK THERMAL BAHAN MUR DAN BAUT DARI MATERIAL KOMPOSIT ALUMINIUM DENGAN PENGUAT ABU DASAR BATUBARA HASIL PROSES PRESSING DENGAN VARIASI TEMPERATUR DAN REDUKSI KETEBALAN BENDA KERJA

Chrystian, ardy (2020) ANALISA SIFAT MEKANIK DAN KARAKTERISTIK THERMAL BAHAN MUR DAN BAUT DARI MATERIAL KOMPOSIT ALUMINIUM DENGAN PENGUAT ABU DASAR BATUBARA HASIL PROSES PRESSING DENGAN VARIASI TEMPERATUR DAN REDUKSI KETEBALAN BENDA KERJA. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
01. COVER DEPAN.pdf

Download (20MB)
[img] Text
02. COVER DALAM.pdf

Download (7MB)
[img] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
04. SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (4MB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
06. Lembar Persembahan.pdf

Download (133kB)
[img] Text
07. Kata Pengantar.pdf

Download (157kB)
[img] Text
09. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (993kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (879kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf

Download (419kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
17. Template Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL TA ARDY CHRYSTIAN 1421600057.pdf

Download (397kB)
[img] Text
TURNITIN Ardy Chrystian 1421600057.pdf

Download (1MB)
[img] Image
WhatsApp Image 2020-07-13 at 13.45.03 (1).jpeg

Download (70kB)
[img] Image
WhatsApp Image 2020-07-13 at 13.45.03.jpeg

Download (68kB)

Abstract

Di dalam kendaraan bermotor merk Y banyak baut dan mur yang terbuat dari baja karbon. Jika semua mur dan baut yang terdapat pada kendaraan bermotor dengan merk Y tersebut dibongkar dan ditimbang maka total berat baut dan mur seberat 2.5 kg. Mur dan baut yang terbuat dari baja karbon seberat 2.5 kg tersebut bila diganti dengan material yang lebih ringan maka berat sepeda motor juga akan berkurang dan akan berpengaruh pada kecepatan akselerasi dan iritnya bahan bakar. Material yang dapat menggantikan material baja karbon adalah material komposit aluminium dengan penguat abu dasar batu bara yang dibuat dengan metode stiring casting dan di press dengan variasi reduksi ketebalan benda kerja (5%, 10%, 15%) dan temperatur benda kerja (125 oC, 135 oC, 145 oC). Dari hasil pengujian semakin tinggi reduksi ketebalan benda kerja maka kekerasan akan semakin turun pada reduksi 5% dan 10%. Namun Pada reduksi 15% kekerasan pada material mulai meningkat karena semakin besar reduksinya maka porositas akan menurun dan kekerasan, kekuatan tarik dan ketahanan aus akan naik. Pada variasi temperature didapatkan hasil semakin besar temperatur benda kerja maka nilai kekerasan akan semakin turun dan ketangguhannya akan meningkat. Ini dikarenakan material mempunyai perilaku rekristalisasi dinamis. Dan dari hasil pengujian DTA didapatkan bahwa perilaku rekristalisasi dinamis dapat meningkatkan stabilitas thermal namun ketika material tersebut diberikan temperature yang tinggi maka thermal shock fatigue resistance akan menurun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komposit, HWP, kekerasan, ketangguhan, DTA, rekristalisasi dinamis
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin
Depositing User: Ardy chrystian
Date Deposited: 13 Jul 2020 15:09
Last Modified: 13 Jul 2020 15:09
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item