Evaluasi Percepatan Proyek Dengan Metode Crashing Studi Kasus Proyek Peningkatan Jalan Batang Batang Kolpo Kabupaten Sumenep

Gafur, Abdul and Oetomo, Wateno (2000) Evaluasi Percepatan Proyek Dengan Metode Crashing Studi Kasus Proyek Peningkatan Jalan Batang Batang Kolpo Kabupaten Sumenep. Masters thesis, Untag 1945 Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Metode Crashing yang akan digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberi jawaban terhadap tuntutan durasi proyek peningkatan jalan berlangsung tepat waktu dan tidak mengalami keterlambatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Menganalisis biaya proyek jika dilakukan percepatan proyek dengan metode crashing dengan penambahan tenaga kerja pada proyek peningkatan jalan Batang - Batang Kolpo Kabupaten Sumenep; 2) Menganalisis waktu proyek jika dilakukan percepatan proyek dengan metode crashing dengan penambahan tenaga kerja pada proyek peningkatan jalan Batang Batang Kolpo Kabupaten Sumenep. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei lapangan atau studi lapangan. Studi lapangan bertujuan untuk mengetahui kejadian di lapangan serta mengetahui masalah yang terjadi. Dengan adanya studi lapangan maka penulis dapat melihat faktor-faktor yang menyebabkan suatu keterlambatan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dari hasil perhitungan dengan metode crashing untuk percepatan durasi proyek Peningkatan Jalan Batang Batang Kolpo Kabupaten Sumenep dengan penambahan jumlah pekerja sebesar 40% pada pekerjaan yang berada di lintasan kritis proyek didapatkan cost slope total sebesar Rp.109.188.712,44; 2) Diketahui dari analisis kurva S dan jadwal proyek Peningkatan Jalan Batang – Batang Kolpo Kabupaten Sumenep bahwa terjadi keterlambatan pada penyelesaian proyek selama 21 hari. Setelah pelaksanaan metode crashing dan penyesuaian jadwal pelaksanaan pekerjaan maka ditemukan percepatan durasi sebesar total 22 hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Durasi Proyek, Metode Crashing, Peningkatan Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Users 9 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:27
Last Modified: 18 Jul 2022 07:08
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/3146

Actions (login required)

View Item View Item