Implementasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Melalui Layanan SAMSAT Drive Thru

Sari, Windi Aprilla (2019) Implementasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Melalui Layanan SAMSAT Drive Thru. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Turnitin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan merupakan kunci atau inti dari berbagai kegiatan dibidang jasa. Salah satunya adalah pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan kepada masyarakat terus mengalami pembaruan seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat. Karena tuntutan tersebut, pemerintah membuat berbagai inovasi yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu inovasi dari pemerintah adalah layanan SAMSAT Drive Thru. Layanan SAMSAT Drive Thru dibuat untuk mengurangi kepadatan masyarakat yang membayar pajak kendaraan di Kantor Bersama SAMSAT. Hal ini disebabkan karena semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui layanan SAMSAT Drive Thru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti akan mendeskripsikan seperti apa implementasi pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui layanan SAMSAT Drive Thru. Lokasi untuk penelitian ini adalah di SAMSAT Surabaya Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi di lokasi penelitian, wawancara dengan pegawai SAMSAT Drive Thru dan masyarakat, dan dokumentasi di lokasi penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, implementasi layanan SAMSAT Drive Thru sudah berjalan dengan baik. Dari varibel komunikasi tentang prosedur layanan Drive Thru sudah baik dan sederhanan, namun masih ada beberapa masyarakat yang kurang memahami tentang layanan apa saja yang diterima di SAMSAT Drive Thru. Dari variabel sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi juga sudah baik. Kendala yang biasanya terjadi adalah jaringan internet. Kata kunci : layanan, samsat, drive thru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Windi Aprilla Sari
Date Deposited: 26 Aug 2019 06:53
Last Modified: 27 Aug 2019 01:33
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item