ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS MESIN CNC DI PT. RAJA PRESISI SUKSES MAKMUR DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE)

Romadhani, Mochamad (2018) ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS MESIN CNC DI PT. RAJA PRESISI SUKSES MAKMUR DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (320kB)

Abstract

PT. Raja Presisi Sukses Makmur merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa permesinan. Hal ini dapat terlihat dengan frekuensi kerusakan yang terjadi pada mesin/peralatan karena kerusakan tersebut sehingga target produksi tidak tercapai.Akibat lain yang ditimbulkan kerusakan mesin/peralatan yaitu dalam hal kualitas produk yang dihasilkan dimana produk yang tidak sesuai dengan standar kualitas akan diolah kembali. Peningkatan efisiensi produksi pada perusahaan ini adalah dengan melakukan pengukuran efektivitas mesin Bubut CNC dan mesin Milling CNC dengan menggunakan metode OEE dan OMAX yang kemudian dilanjutkan dengan pengukuran OEE six big losses dan dari faktor six big losses tersebut dicari faktor terbesar yang mengakibatkan rendahya efisiensi mesin mesin Bubut CNC dan mesin Milling CNC. Hasil dari penelitian ini mengetahui kerugian dalam satuan jam dan persen menyarankan kepada pihak perusahaan untuk lebih memperhatikan faktor penggunaan waktu produksi, penggunaan energi, penggunaan tenaga kerja, dan perawatan dari mesin. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut diharapkan produktivitas perusahaan akan meningkat dan proses produksi telah berjalan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, rasio, efektif, efisien
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 27 Mar 2018 11:00
Last Modified: 27 Mar 2018 11:02
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item