PENGARUH APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK AUTIS

ROHMAH, HAMDIYATUR (2015) PENGARUH APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK AUTIS. Other thesis, Untag Surabaya.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh metode Applied Behavior Analysis terhadap kemampuan berbahasa anak autis. 2) membantu orangtua untuk melatih anak mereka berkomunikasi dengan baik. Penyusunan skala dalam peneliti ini mengacu pada beberapa teori perkembangan bahasa dalam American Academy of Pediatrics; Evaluation and Management of language and Speech Disorders (2005), Speech and Language Milestone (2006), dan Perkembangan Anak, Santrock (2007). Subyek dalam penelitian ini adalah 5 anak yang memiliki karakteristik autis sebagai kelompok eksperimen dengan ibu yang melaksanakan program intervensi melalui panduan modul kemampuan berbahasa yang dibantu oleh ahli bahasa dan psikolog. Teknik pengambilan sampel adalah purposisve sampling (penelitian kelompok subyek yang didasarkan atas tujuan penelitian) dengan satu kelompok eksperiment saja. Analisis yang digunakan untuk melihat hasil perlakuan kepada kelompok eksperiment sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. T-test paired sample statistic untuk melihat perbedaan ebelum dan sesudah perlakuan. Hasil t-test paired sample sebesar t = - 4,753 p = 0,009 (P < 0,01). Itu berarti ada peningkatan yang sangat signifikan pada kemampuan berbahasa anak autis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Applied Behavior Analysis, Anak Autis, Perkembangan Anak, Perkembangan Bahasa.
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi
Depositing User: Users 9 not found.
Date Deposited: 07 May 2019 06:51
Last Modified: 07 May 2019 06:51
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item