PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) TERHADAP KESELAMATAN PENUMPANG MENURUT UU NOMOR 23 TAHUN 2007 TENTANG PERKERETAAPIAN (Studi Daerah Operasi VIII Surabaya)

Tumarintis, Ronal (2014) PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) TERHADAP KESELAMATAN PENUMPANG MENURUT UU NOMOR 23 TAHUN 2007 TENTANG PERKERETAAPIAN (Studi Daerah Operasi VIII Surabaya). Other thesis, Untag Surabaya.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (502kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (871kB)

Abstract

Fungsi dan peranan pengangkutan sangat penting dalam kehidupan masyarakat dan berpengaruh pada berbagai aspek. Dari aspek hukum, dalam pengoperasian dan pemilikan alat angkutan diperlukan ketentuan hukum mengenai hak, kewajiban dan tanggung jawab serta perasuransian apabila terjadi kecelakaan.Perkeretaapian merupakan salah satu moda transportasi yang memiliki karakteristik dan keunggulan khusus, terutama dalam kemampuannya untuk mengangkut. Baik orang/penumpang maupun barang secara massal. Maka pengangkutan melalui kereta api memegang peranan penting. Meskipun demikian, tak dapat disangkal kemungkinan adanya risiko yang menimbulkan kerugian pada penumpang ataupun pengirim barang. Judul dalam skripsi ini adalah PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) TERHADAP KESELAMATAN PENUMPANG MENURUT UU NO. 23 TAHUN 2007 TENTANG PERKERETAAPIAN (Studi Daerah Operasi VIII Surabaya). Adapun yang menjadi permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimanakah pertanggungjawaban perdata PT. KAI (Persero) terhadap keselamatan penumpang dan Bagaimanakah penyelesaian pemberian ganti rugi oleh PT. KAI (Persero) kepada penumpang terhadap risiko yang timbul dalam penyelenggaraan pengangkutan kereta api. Metode penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan Yuridis Normatif.Sumber bahan hukum yang digunakan meliputi sumber bahan hukum Primer, sekunder, dan bahan Non Hukum, sedangkan metode pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan cara Studi Kepustakaan, Studi Lapangan. Metode analisa bahan hukum yang di gunakan adalah metode deskriptifkualitatif yang disimpulkan dengan metode deduktif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Perjanjian pengangkutan tertuang dalam bentuk karcis pada umunya didasari oleh adanya pelaksanaan pengangkutan itu sendiri. Pertanggungjawab perdata PT. KAI (Persero) terhadap keselamatan penumpang dilakukan berdasarkan perjanjian pengangkutan.PT. KAI bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami penumpang sepanjang kerugian itu merupakan akibat langsung atau tidak langsung dari penyelenggaraan kereta api. Dalam hal terjadi kecelakaan, yang menyebabkan penumpang luka-luka, cacat ataupun meninggal dunia PT. KAI telah engasuransikannya kepada PT. Jasa Raharja (Persero). Maka dalam hal ini penumpang akan mendapatkan ganti rugi dari PT. Jasa Raharja sebesar nilai kerugian yang dibatasi sejumlah maksimum asuransi. Dalam hal ini, syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah tiket penumpang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: HUKUM PENGANGKUTAN
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Users 9 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:52
Last Modified: 18 Apr 2019 02:52
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item