PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi kasus pada usaha Rujak Cingur Warung Cak No Gedung TVRI di Kota Surabaya) SKRIPSI Diajukan Untuk Melengkapi Tugas Akademik Dan Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Strata-1 Program Studi Administrasi Bisnis OLEH : SHERIN ILFI SAKINAH NPM. 1121700075 PRODI ADMINISTRASI BISNIS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA 2021 ii iii iv SURAT PERNYATAAN KEASLIAN Yang bertanda tangan di bawah ini, Nama : Sherin Ilfi Sakinah NPM 1121700075 Program Studi : Administrasi Bisnis Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Menyatakan : a. Bahwa Skripsi yang saya buat adalah benar-benar karya ilmiah saya sendiri dan atas bimbingan dari dosen karya ilmiah saya sendiri dan atas bimbingan dari dosen pembimbing bukan hasil plagiat dari karya ilmiah orang lain yang telah dipublikasikan dan / atau karya ilmiah orang lain yang digunakan untuk memperoleh gelar akademik tertentu. b. Bahwa jika saya mengambil, mengutip atau menulis sebagian dari karya ilmiah orang lain tersebut akan mencantumkan sumber dan mencamtumkan dalam Daftar Pustaka. c. Apabila di kemudian hari ternyata Skripsi saya terbukti sebagian atau seluruhnya sebagai plagiat dari karya ilmiah orang lain tanpa menyebutkan sumbernya dan tidak mencantumkan dalam Daftar Pustaka, maka saya bersedia menerima sanksi terberat pencabutan gelar akademik yang saya peroleh. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan atas kesadaran yang sesadar-sadarnya. Surabaya, 29 Desember 2021 Pembuat Pernyataan, v vi Motto "Bekerja keraslah ketika yang lain sedang bermain-main. Maka nanti kamu bisa bermain-main ketika yang lainnya terpaksa harus bekerja keras." - Sherin Ilfi Sakinah - "Kegagalan ibarat sambal. Sambal pasti pedas, tapi kita tidak akan tahu seberapa pedasnya sampai kita mencicipinya. Ia sengaja dibuat untuk menambah nikmatnya sebuah perjuangan." - Harry Slyman vii Abstrak PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN USAHA RUJAK CINGUR WARUNG CAK NO GEDUNG TVRI DI KOTA SURABAYA Sherin Ilfi Sakinah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 2021 Akhir - akhir ini banyak sekali usaha kuliner yang digemari oleh kalangan muda atau generasi millenial, mulai dari makanan tradisional maupun makanan kekinian. Generasi millenial saat ini berlomba - lomba mencicipi berbagai jenis kuliner yang sedang populer di kalangannya, generasi millenial cenderung menikmati dan membuat konten pada media sosial yang mereka gunakan. Untuk dapat menarik minat beli pelanggan pengusaha harus berusaha untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk dan promosi dengan harga jual yang sesuai, dan menjadi mampu menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian usaha rujak cingur warung Cak No gedung TVRI di Kota Surabaya, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli produk rujak cingur Cak No gedung TVRI di Kota Surabaya. Dengan munggunakan teknik purposive sampling, pengumpulan data responden menggunakan kuesioner sebanyak 103 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji F, uji t, uji korelasi, uji koefisiensi determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, kualitas produk, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, dan Promosi viii Abstract THE INFLUENCE OF PRICE, PRODUCT QUALITY, AND PROMOTION ON THE PURCHASE DECISION OF THE RUJAK CINGUR BUSINESS CAK NO TVRI BUILDING IN THE CITY OF SURABAYA Sherin Ilfi Sakinah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 2021 Lately, there are many culinary businesses that are favored by young people or the millennial generation, ranging from traditional food to contemporary food. The millennial generation is currently competing to taste various types of culinary thatare popular among them, the millennial generation tends to enjoy and create content on the social media they use. To be able to attract customers' buying interest, entrepreneurs must strive to improve and maintain product quality and promotions at appropriate selling prices, and become able to answer consumer needs and desires. This study aims to determine the effect of price, product quality, and promotion on purchasing decisions for the rujak cingur at Cak No TVRI building in Surabaya City. The population in this study are consumers who have purchased rujak cingur Cak No. TVRI products in Surabaya City. By using purposive sampling technique, data collection of respondents using a questionnaire as many as 103 respondents. The analysis used in this research is multiple linear regression, F test, t test, correlation test, coefficient of determination test. The results of this study indicate that price, product quality, and promotion have an effect on purchasing decisions. Keywords: Price, Product Quality, and Promotion ix Kata Pengantar Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian usaha Rujak Cingur Warung Cak No Gedung TVRI di Kota Surabaya” ini dengan baik dan tepat waktu. Skripsi ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Administrasi Bisnis di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat membuat para pengusaha berlomba - lomba menghidupkan usahanya dengan berbagai macam cara untuk menarik minat beli konsumennya. Dalam penelitian ini penulis membahas mengenai Harga, Kualitas Produk, dan Promosi yang diterapkan Rujak Cingur Warung Cak No gedung TVRI untuk menarik konsumen agar konsumen memutuskan membeli bahkan mengkonsumsi produk dari Rujak Cingur warung Cak No tersebut. Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan pengalaman penulis, oleh karena itu penulis menerima kritik dan saran. Akhir kata penulis berharap skripsi ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan dan dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sidoarjo, 22 Desember 2021 Penulis x DAFTAR ISI Halaman Judul ................................................................................................... ii Lembar Persetujuan Skripsi................................................................................ iii Halaman Pengesahan Skripsi.............................................................................. iv Lembar Pernyataan Keaslian ............................................................................... v Lembar Persetujuan Publikasi ............................................................................ vi Motto ............................................................................................................... vii Abstrak ............................................................................................................viii Abstract............................................................................................................ ix Kata Pengantar................................................................................................... x Daftar Isi .......................................................................................................... xi Daftar Gambar ................................................................................................. xiv Daftar Tabel......................................................................................................xv Daftar Lampiran ...............................................................................................xvi BAB I PENDAHULUAN ................................................................................... 1 1.1 Latar Belakang......................................................................................... 1 1.2 Rumusan Masalah .................................................................................... 2 1.3 Tujuan..................................................................................................... 2 1.4 Manfaat................................................................................................... 3 1.5 Sistematika Penulisan ............................................................................... 3 BAB II KAJIAN PUSTAKA............................................................................... 5 2.1 Peneliti Terdahulu .................................................................................... 5 2.2 Landasan Teori .......................................................................................10 2.2.1 Harga..............................................................................................11 2.2.1.1 Pengertian Harga...........................................................................11 2.2.1.2.Peranan Harga ..............................................................................12 2.2.1.3 Strategi Penerapan Harga...............................................................12 2.2.1.4 Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Harga ...................................14 2.2.2 Kualitas Produk ...............................................................................15 2.2.2.1 Pengertian Kualitas Produk ............................................................15 2.2.2.2 Dimensi Kualitas Produk ...............................................................16 2.2.2.3 Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk.....................16 2.2.3 Promosi...........................................................................................18 2.2.3.1 Pegertian Promosi .........................................................................18 xi 2.2.3.2 Tujuan - Tujuan Promosi .............................................................. 18 2.2.3.3 Manfaat Promosi .......................................................................... 19 2.2.4 Keputusan Pembelian ...................................................................... 20 2.2.4.1 Pengertian Keputusan Pembelian ................................................... 20 2.2.4.2 Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian............ 20 2.2.4.3 Tahap - Tahap Pengambilan Keputusan ......................................... 21 2.2.4.4 Jenis - Jenis Perilaku Keputusan Pembelian ................................... 21 2.2.4.5 Tingkat Pengambilan Keputusan ................................................... 22 2.3 Kerangka Berpikir .................................................................................. 23 2.4 Definisi Konsep dan Operasional............................................................. 24 2.5 Hipotesis................................................................................................ 25 BAB III METODE PENELITIAN ..................................................................... 27 3.1 Rancangan Penelitian.............................................................................. 27 3.2 Populasi dan Sampel............................................................................... 27 3.2.1 Populasi.......................................................................................... 27 3.2.2 Sampel ........................................................................................... 27 3.3 Teknik Pengumpulan Data ...................................................................... 27 3.4 Instrumen Penelitian ............................................................................... 28 3.5 Teknik Pengambilan Analisis Data .......................................................... 28 3.5.1 Uji Asumsi Klasik ........................................................................... 28 3.5.1.1 Uji Normalitas.............................................................................. 28 3.5.1.2 Uji Multikolinearitas..................................................................... 28 3.5.1.3 Uji Heteroskedastisitas ................................................................. 29 3.5.2 Uji Instrumen.................................................................................. 29 3.5.2.1 Uji Validitas ................................................................................. 29 3.5.2.2 Uji Reliabilitas ............................................................................. 29 3.5.3 Uji Regresi Linear Berganda ............................................................ 30 3.5.4 Uji Hipotesis ................................................................................... 30 3.5.4.1 Uji Parsial (Uji t)........................................................................... 30 3.5.4.2 Uji Simultan (Uji F) ...................................................................... 30 3.5.4.3 Uji Korelasi (Uji r)........................................................................ 30 3.5.4.4 Uji Koefisiensi Determinasi (Uji R2 ) .............................................. 31 BAB IV PENGUJIAN DATA, ANALISIS DAN PEMBAHASAN...................... 33 4.1 Peyajian Data ......................................................................................... 33 4.1.1 Gambaran Umum Profil Produk dan Sejarah Rujak Cingur warung Cak No................................................................................................. 33 4.1.2 Krakteristik Responden................................................................. 35 4.1.3 Uji Validitas dan Reliabilitas......................................................... 38 xii 4.1.4 Tabulasi Jawaban Responden ........................................................ 40 4.1.5 Tabulasi Jawaban Sikap Responden............................................... 51 4.2 Analisis Data.......................................................................................... 55 4.2.1 Uji Asumsi Klasik ........................................................................... 55 4.2.1.1 Uji Normalitas.............................................................................. 55 4.2.1.2 Uji Multikolinearitas..................................................................... 55 4.2.1.3 Uji Heteroskedatisitas ................................................................... 56 4.2.2 Uji Resgresi Linear Berganda .......................................................... 57 4.2.3 Uji Hipotesis ................................................................................... 58 4.2.3.1 Uji Parsial (Uji t)........................................................................... 58 4.2.3.2 Uji Simultan (Uji F) ...................................................................... 59 4.2.3.3 Uji Korelasi (Uji r)........................................................................ 60 4.2.3.4 Uji Koefisiensi Determinasi (Uji R2 ) .............................................. 61 4.3 Pembahasan ........................................................................................... 61 4.3.1 Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rujak Cingur Cak No ...................................................................................................................... 61 4.3.2 Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Rujak Cingur Cak No ..................................................................................... 61 4.3.3 Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rujak Cingur Cak No 62 4.3.4 Kesimpulan.................................................................................. 62 BAB V PENUTUP............................................................................................ 63 5.1 Kesimpulan ................................................................................................ 63 5.2 Saran .......................................................................................................... 64 DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................... 65 LAMPIRAN ..................................................................................................... 67 xiii DAFTAR GAMBAR Gambar 2.1 Kerangka Pemikiran .......................................................................... 24 Gambar 4.1 Rujak Cingur Warung Cak No ........................................................... 34 Gambar 4.2 Produk Rujak Cingur Warung Cak No ................................................ 35 Gambar 4.3 Daftar Harga Produk Rujak Cingur Warung Cak No ............................ 35 Gambar 4.4 Hasil SPSS Uji Normalitas................................................................. 55 Gambar 4.5 Hasil SPSS Uji Heteroskedastisitas..................................................... 56 xiv DAFTAR TABEL Tabel 2.1 Penelitian Terdahulu ............................................................................. 5 Tabel 2.2 Tabel Definisi dan Konsep.................................................................... 24 Tabel 4.1 Tabel karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin ..................... 36 Tabel 4.2 Tabel karakteristik Responden Berdasarkan Usia ................................... 36 Tabel 4.3 Tabel karakteristik Responden Berdasarkan Pekerjaan............................ 37 Tabel 4.4 Tabel karakteristik Responden Berdasarkan Frekuensi Pembelian ........... 37 Tabel 4.5 Tabel karakteristik Responden Berdasarkan Pendapatan ......................... 38 Tabel 4.6 Hasil Pengujian Validitas ..................................................................... 38 Tabel 4.7 Hasil Pengujian Reliabilitas .................................................................. 39 Tabel 4.8 Hasil Tabulasi Variabel Harga .............................................................. 40 Tabel 4.9 Hasil Tabulasi Variabel Kualitas Produk................................................ 43 Tabel 4.10 Hasil Tabulasi Variabel Promosi ......................................................... 46 Tabel 4.11 Hasil Tabulasi Variabel Keputusan Pembelian ..................................... 49 Tabel 4.12 Interval Rata - Rata Sekor .................................................................. 52 Tabel 4.13 Tabulasi Sikap Responden dan Nilai Mean dari Variabel Harga (X1) ......................................................................................................... 52 Tabel 4.14 Tabulasi Sikap Responden dan Nilai Mean dari Variabel Kualitas Produk (X2) ................................................................................................................... 53 Tabel 4.15 Tabulasi Sikap Responden dan Nilai Mean dari Variabel Promosi (X2)...................................................................................................... 54 Tabel 4.16 Tabulasi Sikap Responden dan Nilai Mean dari Variabel Keputusan Pembelian .......................................................................................................... 54 Tabel 4.17 Hasil SPSS Uji Multikolinearitas......................................................... 56 Tabel 4.18 Uji Regresi Linear Berganda............................................................... 57 Tabel 4.19 Uji Parsial (Uji t) ................................................................................ 58 Tabel 4.20 Uji Simultan (Uji F)............................................................................ 60 Tabel 4.21 Uji Korelasi (Uji r) dan Koefisiensi Determinasi .................................. 60 xv DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 Kuisioner........................................................................................67 Lampiran 2 Lembar Perintah Revisi ...................................................................71 Lampiran 3 Hasil Turnitin ....................................................................................... 74 xvi