HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS DI KANTOR KOPERTIS WILAYAH VII JAWA TIMUR SURABAYA)

Ferdiant, R. Dinar Prakasa (2017) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS DI KANTOR KOPERTIS WILAYAH VII JAWA TIMUR SURABAYA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)pelaksanaan komunikasi interpersonal petugas pelayanan dan pengguna layanan di kantor KOPERTIS Wilayah VII Jawa Timur Surabaya, 2)faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan komunikasi interpersonal petugas pelayanan dan pengguna layanan di kantor KOPERTIS Wilayah VII Jawa Timur Surabaya 3)upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan komunikasi interpersonal petugas pelayanan dan pengguna layanan di kantor KOPERTIS Wilayah VII Jawa Timur Surabaya. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data petugas pelayanan dan pengguna layanan di kantor KOPERTIS Wilayah VII Jawa Timur Surabaya. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Teknik analalis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan komunikasi interpersonal di kantor KOPERTIS Wilayah VII Jawa Timur Surabaya yang meliputi : 1) Pelaksanaan komunikasi interpersonal di kantor KOPERTIS Wilayah VII Jawa Timur Surabaya telah terlaksana secara baik dan berkesinambungan. Komunikasi interpersonal antara petugas pelayanan dan pengguna layanan di kantor KOPERTIS Wilayah VII Jawa Timur Surabaya dilaksanakan dalam bentuk konsultasi langsung (bertatap muka) atau menggunakan media (handphone, surat) yang dimanfaatkan untuk memperlancar tugas dan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi. 2) Faktor pendukung pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu: iklim komunikasi yang baik antara petugas pelayanan dan pengguna layanan di kantor KOPERTIS Wilayah VII Jawa Timur Surabaya, media komunikasi sudah tersedia serta loyalitas dan dedikasi dari masing-masing petugas pelayanan. Faktor penghambat pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu : keterbatasan waktu dalam berhubungan interpersonal karena kami tidak hanya melayani satu pengguna layanan saja dan pengguna layanan yang tidak selalu ada Karena utusan dari Pertguruan Tinggi Swasta mempunyai maslah yang berbeda sehingga menyebabkan minimnya pertemuan yang terjad. 3) Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu : adanya upaya kontinyu dan berkesinambungan dari petugas pelayanan untuk menciptakan suasana yang rileks dan terbuka dengan pengguna layanan sehingga terjalin suasana kekeluargaan, petugas pelayanan senantiasa memberikan bimbingan juga pengarahan kepada pengguna layanan untuk menanamkan sikap dedikasi dan loyalitas masing- masing personil terhadap tanggung jawabnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 28 Jan 2019 06:18
Last Modified: 28 Jan 2019 06:18
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item View Item