Analisis Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Terhadap Peningkatan Pembangunan Desa (Studi Kasus Pada Desa Sagu Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur)

Ismail, Sufriatti (2021) Analisis Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Terhadap Peningkatan Pembangunan Desa (Studi Kasus Pada Desa Sagu Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (472B)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dana Desa (DD) adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukkan bagi desa yang ditranssfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten/Kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdaya masyarakat. Menurut Peraturan Mentri Dalam Negri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan Desa. Dana Desa digunakan untuk bidang pembangunan Desa diarahkan untuk Pengadaan, Pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas pengelolaan dana desa terhadap peningkatan pembangunan desa di desa Sagu Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur. Penelitian ini dilakukan di Kantor Desa Sagu Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi Dokumen. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil temuan peneliti menunjukan bahwa : (1) Dalam pengelolaan Dana Desa di Desa Sagu Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur sudah sesuai dengan peraturan Mentri Dalam Negri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa, Dimana pengelolaan keuangan Desa meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. (2) Dalam pengelolaan penggunaan Dana Desa di Desa Sagu Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur belum efektif. Dimana dilihat dari jumlah anggaran Dana Desa (DD) yang begitu besar namun masi banyak pembangunan yang belum direalisasikan menggunakan Dana Desa (DD). (3) Adapun faktor yang menjadi penghambat pembangunan di desa Sagu yaitu tidak tersedianya lahan untuk pembangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Pembangunan Desa
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Akuntansi
Depositing User: 1221700008 Sufriatti Ismail
Date Deposited: 10 Dec 2021 06:43
Last Modified: 10 Dec 2021 06:43
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item