Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Menggunakan Metode RGEC pada Bank Konvensional (Studi Kasus PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Tahun 2017-2020)

Ananta, Safira Yuli (2021) Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Menggunakan Metode RGEC pada Bank Konvensional (Studi Kasus PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Tahun 2017-2020). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (472B)
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (454kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220 dengan website www.bni.co.id merupakan perusahaan yang sudah berdiri sejak 5 Juli 1946 dan bergerak di bidang usaha perbankan. Dalam era yang semakin maju, banyak masyarakat yang sudah sadar akan pentingnya mencari sumber penghasilan yang tidak hanya dari satu sumber saja. Banyak sumber penghasilan yang bisa didapatkan, salah satunya ialah dengan menanam saham atau berinvestasi. Dalam perbankan adanya saham merupakan salah satu bagian yang penting, karena dari saham tersebut perusahaan mampu untuk berkembang. Dalam penyertaan saham, para investor tidak serta merta akan menyerahkan dananya begitu saja tetapi mereka akan melihat terlebih dahulu apakah Bank dapat memberikan keuntungan atau malah membuat rugi investor. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk melihat hal tersebut ialah dengan melihat tingkat kesehatan Bank. Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai sesuai dengan rumusan masalah yang telah disusun ialah untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kesehatan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., menggunakan metode RGEC. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil data sekunder yang telah dipublikasikan oleh perusahaan pada web perusahaan yang meliputi laporan tahunan perusahaan dan laporan keuangan tahunan perusahaan. Jenis penelitian yang akan digunakan ialah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Hasil temuan analisis menyimpulkan bahwa penilaian tingkat kesehatan Bank yang dihitung menggunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital) dapat dikatakan sangat sehat. Untuk Risk Profile yang dihitung menggunakan rasio NPL dikategorikan sehat, sedangkan untuk rasio LDR mendapat peringkat cukup sehat. Untuk komponen Good Corporate Governance termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya untuk komponen Earning yang diukur dengan rasio ROA mencerminkan keadaan sangat sehat dan untuk rasio NIM menunjukkan predikat sangat sehat. Lalu untuk Capital yang diukur menggunakan rasio CAR menunjukkan peringkat sangat sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Akuntansi
Depositing User: 1221700113 Safira Yuli Ananta
Date Deposited: 10 Dec 2021 06:36
Last Modified: 10 Dec 2021 06:36
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item