Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Finansial Leverage, dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2019.

Irawan, Saskia (2021) Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Finansial Leverage, dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2019. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (289kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh struktur kepemilikan,finansial leverage, dan karakteristik perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2017-2019. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari struktur kepemilikan (X1) dengan indikator kepemilikan pemerintah, kepemilikan publik, kepemilikan asing, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, finansial leverage (X2) dengan indikator time interest earned ratio (TIER), fix charge coverage ratio (FCCR), debt ratio (DR),karakteristik perusahaan (X3) dengan indikator jenis perusahaan, ukuran perusahaan,jumlah dewan direksi, jumlah dewan komisaris, jumlah komite audit, dan manajemen laba (Y) dengan indikator total accrual (TAC), discretionary accrual (DA),pengungkapan sukarela. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dan observasi tidak langsung. Jumlah sampel yang ditetapkan adalah sejumlah 10 perusahaan manufaktur sektor food and beverage yang terdaftar di BEI dengan metode purposive sampling. Data yang di olah pada penelitian ini adalah data-data laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari website BEI di https://www.idx.co.id/. Metode analisis data yang digunakan adalah analisa SEM (Structural Equation Modelling) dengan aplikasi program PLS (Partial Least Square), dengan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji t (parsial). Hasil pengujian terhadap hipotesis menunjukkan hasil, bahwa variabel karakteristik perusahaan berpengaruh signifikan dan negatif terhadap variabel manajemen laba. Variabel struktur kepemilikan berpengaruh signifikan dan positif terhadap finansial leverage. Variabel struktur kepemilikan tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap manajemen laba. Variabel finansial leverage berpengaruh signifikan dan negatif terhadap karakteristik perusahaan. Variabel finansial leverage tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: struktur kepemilikan, finansial leverage, karakteristik perusahaan, manajemen laba, akuntansi manajemen
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Akuntansi
Depositing User: 1221700172 SASKIA IRAWAN
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:14
Last Modified: 08 Dec 2021 04:14
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item