Perancangan Arsitekstur Enterprise Sistem Informasi Absensi Menggunakan Togaf Adm Versi (.2 pada Kabupaten Kepulauan Aru (Studi Kasus SMK PGRI Dobo)

Talangembun, Johanis Perancangan Arsitekstur Enterprise Sistem Informasi Absensi Menggunakan Togaf Adm Versi (.2 pada Kabupaten Kepulauan Aru (Studi Kasus SMK PGRI Dobo). PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI ABSENSI MENGGUNAKAN TOGAF ADM VERSI 9.2 PADA KABUPATEN KEPULAUAN ARU (STUDI KASUS SMK PGRI DOBO). (Unpublished)

[img] Text
PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI ABSENSI MENGGUNAKAN TOGAF ADM VERSI 9.2 PADA KABUPATEN KEPULAUAN ARU (STUDI KASUS SMK PGRI DOBO).pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses absensi manual membutuhkan waktu yang lama. Untuk membangun sistem atau merancang sistem ini dibutuhkan bantuan dari ilmu arsitektur enterprise bertujuan agar sistem principle dikembangkan dapat berjalan dengan baik dan bisa menentukan arsitektur sistem principle Akan dibangun, beberapa domain yang ada pada arsitektur enterprise adalah arsitektur data,arsitektur teknologi,arsitetur binsi, dan arsitektur aplikasi. Semua domain ini dapat membantu membangun arsitektur enterprise berdasarkan kebutuhan dari suatu instansi maupun organisasi, dalam togaf sendiri terdapat metode atau teknik yang sangat membantu dalam megembangkan atau membangun arsitektur enterprise dengan metode ini kita dapat dengan mudah menentukan kebutuhan apa saja yang kita butuhkan dan kebutuhan yang terdapat dalam instansi atau oganisasi. Dalam studi kasus ini penulis menggunakan framework TOGAF ADM, faremwork ini sangat berguna dan sangat mudah diaplikasikan karena menggunakan metode ADM yang dapat mengetahui alur bisnis yang mau ditetapkan oleh oragnisasi atau instansi, penulis juga menggunakan diagram value chain yang memudahkan penulis untuk bisa mengambarkan alur aktivitas di dalam atau di luar organisasi maupu istansi dengan begitu bisa memantau sistem yang akan dikembangkan. Kata kunci: Diagram Value Chain, TOGAF ADM,Metode ADM, Absensi, Arsitektur Domain, Arsitektur Enterprise.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika > Tugas Kuliah
Depositing User: 1461800193 Johanis Talangembun
Date Deposited: 25 Oct 2021 01:52
Last Modified: 25 Oct 2021 01:52
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11827

Actions (login required)

View Item View Item