Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Keberagaman Budaya Indonesia Untuk Tematik 7 Kelas 4 SD Berbasis Android

Syahbana, Ilham Firmansya Ali (2021) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Keberagaman Budaya Indonesia Untuk Tematik 7 Kelas 4 SD Berbasis Android. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa dengan keanekaragaman budaya yang berbeda. Untuk itu, pengenalan terhadap keanekaragaman budaya Indonesia dirasa sangat perlu agar siswa tidak awam dan bersikap acuh tak acuh pada budayanya sendiri. Pada dunia pendidikan juga telah mentransformasikan keanekaragaman budaya tersebut pada suatu pembelajaran IPS di jenjang Sekolah Dasar, khususnya pada kelas IV. Mengacu pada kurikulum 2013, materi IPS tentang pembelajaran keanekaragaman terdapat pada Tema 7 “Indahnya Keberagaman Negeriku” dimana pada tema tersebut mencakup beberapa budaya Indonesia. Oleh karena itu, pentingnya sebuah media informasi yang tepat untuk mempermudah dalam mengakses dan mempelajarinya. Salah satu media yang sering digunakan oleh siswa SD adalah handphone yang berbasis android, sehingga dirancang sebuah aplikasi pembelajaran kebudayaan yang membahas alat transportasi tradisional yang berbeda-beda pada setiap wilayah yang ada di Indonesia dengan efektif. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode Waterfall sebagai perencaannya dan menggunakan Unified Modelling Language (UML) sebagai model perancangannya. Adapun software pendukung yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Android Studio dan SketchUp sebagai konsep visual interfae model 3D. Dari penelitian yang dilakukan maka dihasilkan sebuah sistem aplikasi pembelajaran kebudayaan Indonesia untuk tematik 7 kelas 4 SD berbasis Android, yang dapat mempermudah mempelajari informasi kebudayaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kebudayaan, Alat Transportasi Tradisional, Mobile Learning, Android
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ilham Firmansyah A.S.
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:54
Last Modified: 22 Jul 2022 04:06
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11216

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item