Penentuan Rute Distribusi Untuk Meminimalkan Biaya Transportasi Di CV. Banyu Mili

JUNIAR, DEVY OKTAVIA (2021) Penentuan Rute Distribusi Untuk Meminimalkan Biaya Transportasi Di CV. Banyu Mili. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (629kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

CV. Banyu Mili merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam pembuatan teh dengan berbahan dasar bunga rosella berlokasi di Villa Jasmine 3 blok M No. 1 RT. 54 RW. 14, Kelurahan. Suko, Sidoarjo. Perusahaan ini memiliki pendistribusian yaitu pengiriman dilakukan berdasarkan jam buka tutup toko dan dalam menjalankan distribusi perusahaan tidak mementingkan kapasitas armada, dengan tidak seimbangnya antara kapasitas armada dan permintaan, jika terdapat armada terlebih dahulu sampai ke perusahaan, maka armada akan mengirim barang ke customer sehingga mengakibatkan arus bolak-balik saat proses distribusi tanpa mempertimbangkan rute sehingga bisa terbilang masih acak dan tidak memperhatikan jarak rute yang dituju. Akan tetapi jika terdapat permintaan yang melebihi kapasitas armada, maka barang akan dikirim keesokan harinya dan akan terpenuhi di hari selanjutnya yang berarti lama keterlambatan produk selama 1 hari. Dalam penelitian kali ini, pendekatan algoritme sweep digunakan untuk cluster seluruh customer kemudian melanjutkan mixed integer linear progamming yang digunakan untuk meminimalkan biaya dengan mencari rute terbaik tanpa melebihi kapasitas kendaraan yang sudah ada, pendekatan model mixed integer linear progamming dapat menghemat biaya sebesar Rp252.620 atau menghemat 20%. Sedangkan untuk alternatif waktu menghemat 12% dan jarak 18%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Optimization, Distribution, Mixed Integer Linear Progamming, Algoritme Sweep, CVRPTW, Cost, Distance, Time
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: 1411700078 Devy Oktavia Juniar
Date Deposited: 26 Aug 2021 12:56
Last Modified: 20 Jul 2022 07:12
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11087

Actions (login required)

View Item View Item