Analisis Pemanfaatan Bahan Baku Rework Process Guna Meminimalkan Harga Pokok Produksi Sol Sandal dan Penentuan Rute Distribusi Produk Sandal (Studi Kasus : UD. Rumpun Mas)

Dwioktaviari, Ilham Ridho (2020) Analisis Pemanfaatan Bahan Baku Rework Process Guna Meminimalkan Harga Pokok Produksi Sol Sandal dan Penentuan Rute Distribusi Produk Sandal (Studi Kasus : UD. Rumpun Mas). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (332kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

UD. RUMPUN MAS merupakan perusahaan sandal yang berada di daerah Surabaya, Jawa Timur. Dalam proses produksi sol sandal terdapat sampah produksi. Sampah tersebut masih bisa digunakan kembali sebagai bahan baku pembuatan sol sandal. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghitung harga pokok produksi sol sandal dan mengetahui penghematan biaya pembelian bahan baku karet bekas setelah dilakukannya rework process. Serta menentukan rute yang optimal dalam melakukan pendistribusian produk sandal dan mengetahui penghematan pendistribusian setelah dilakukannya perbaikan. Data yang yang digunakan dalam melakukan rework process antara lain komposisi bahan baku sol sandal, jumlah sampah dan kapasitas supplier. dalam perbaikan rute distribusi menggunakan data permintaan produk, lokasi customer, lokasi pengiriman, kapasitas armada, biaya distribusi dan rute awal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan data sekunder dan primer. Pengolahan data menggunakan metode rework process dan saving matrix. Dari analisa dan pengolahan data dengan menggunakan metode rework process didapatkan penghematan biaya pembelian bahan baku karet bekas sebesar Rp 7.924.600/minggu. Harga pokok produksi sol sandal hitam setelah rework process menjadi Rp 1.203,11/sol dan sol sandal krem menjadi Rp .1239,48/sol. Penghematan harga pokok produksi sol sandal hitam Rp 40,14 dan sol krem Rp 44,58. Dalam perbaikan rute didapatkan rute baru dalam pendistribusian sandal. Didapatkan perbandingan rute sebesar 10,4 km. Biaya total pendistribusian setelah saving matrix sebesar Rp 494.136, terjadi penghematan Rp 5.458.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: harga pokok produksi, rework process, saving matrix
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: 1411700048 Ilham Ridho Dwioktaviari
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:55
Last Modified: 28 Mar 2024 03:58
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11071

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item