Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Terhadap Guru Pembimbing Khusus Siswa ABK Di Sekolah Inklusi Tingkat Dasar

Utami, Tri (2017) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Terhadap Guru Pembimbing Khusus Siswa ABK Di Sekolah Inklusi Tingkat Dasar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT-TRI UTAMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (512kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (762kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (728kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Sekolah Dasar penyelenggara program inklusi, program tersebut merupakan sesuatu yang relatif baru sehingga masih terdapat berbagai kendala dalam pelaksanaannya seperti sarana prasarana yang disediakan oleh penyelenggara sekolah inklusi tersebut dan prosess pembelajran yang dilakkukan guru kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial dengan Resiliensi terhadap guru pembimbing khusus siswa ABK di sekolah Inklusi tingkat dasar. Penelitian ini akan dilakukan di PK-PLK dan komunitas home schooling ABK “lentera fajar” dengan subyek penelitian perkumpulan guru inklusi siswa ABK yang berjumlah 30 orang. pengumpulan data dalam bentuk skala dukungan sosial yang terdiri dari 28 aitem dan skala Resiliensi terdiri dari 23 aitem yang telah teruji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis korelasi produk moment. hasil analisis menunjukkan bahwa variabel dukungan sosial memiliki hubungan yang signifikan dengan resiliensi F =39,539 > P = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan resiliensi guru pembimbing khusus siswa ABK dari hasil perhitungan untuk variabel resiliensi, diketahui bahwa dukungan sosial memberikan konstribusi sebesar 58,5%. Menunjukkan bahwa haipotesis dari penelitian ini adalah korelasi positif, artinya semakin tinggi tingkat dukungan sosial guru pembimbing maka semakin tinggi Resiliensi. Sebaliknya semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah tingkat Resiliens guru pembimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi dan Dukungan sosial
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 05 Mar 2018 14:39
Last Modified: 13 Mar 2018 11:45
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item View Item