Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing sebagai Dasar Penentuan Harga Jual (Studi Kasus UMKM Otak-Otak Bandeng Alfarizi Sidoarjo)

Hidayanti, Hanifah Kusuma (2021) Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing sebagai Dasar Penentuan Harga Jual (Studi Kasus UMKM Otak-Otak Bandeng Alfarizi Sidoarjo). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (286kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persaingan pada bisnis saat ini semakin ketat, kondisi ini menuntut perusahaan untuk lebih jeli lagi dalam arti dengan tingkat akurasi tinggi dalam menentukan harga jual dan memungkinkan dapat dijangkau oleh pengguna. Maka diperlukan pengelolaan yang baik yaitu dalam hal biaya dan harga. Sebelum menentukan harga jual, langkah awal yang harus diperhatikan adalah menentukan harga pokok produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis perhitungan harga pokok produksi dalam menentukan harga jual pada UMKM Otak-Otak Bandeng Alfarizi dengan menerapkan metode full costing. Adapun untuk mendukung penelitian ini, penulis dalam pembuatan skripsi menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diolah adalah data berupa catatan harga pokok produksi seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode full costing. Hasil analisis menunjukkan perhitungan harga pokok produksi per bungkus dengan metode perusahaan sebesar Rp20.560,00 dan harga jual sebesar Rp32.896,00 sedangkan harga pokok produksi per bungkus dengan metode full costing sebesar Rp23.519,00 dan harga jual sebesar Rp37.631,00. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa besarnya biaya yang terjadi dalam produksi otak-otak bandeng pada UMKM Otak-Otak Bandeng Alfarizi berpengaruh dalam penetapan harga jual, seperti perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing menghasilkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode perusahaan karenakan metode full costing memasukkan seluruh biaya kedalam perhitungan harga pokok produksinya. Adapun saran penulis bahwa dalam memperhitungkan harga pokok produksi untuk menetapkan harga jual sebaiknya menggunakan metode full costing karena dapat memberikan hasil yang lebih tepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Metode Full Costing, Harga Jual.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Bisnis
Depositing User: 1121700038 Hanifah Kusuma Hidayanti
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:19
Last Modified: 15 Sep 2021 03:19
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10697

Actions (login required)

View Item View Item