EFEK PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM REBRANDING PRODUK UMKM BASO ACI AKANG (The Effects Of Using Instagram In Rebranding Of Baso Aci Akang as an UMKM Products)

Taned, Erica Devina (2021) EFEK PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM REBRANDING PRODUK UMKM BASO ACI AKANG (The Effects Of Using Instagram In Rebranding Of Baso Aci Akang as an UMKM Products). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (961kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (293kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Produk UMKM Baso Aci Akang merayakan hari jadi ke-3 di tahun 2021 ini dengan melakukan rebranding untuk meningkatkan kembali kesadaran masyarakat akan produknya. Proyek rebranding ini sepenuhnya dilakukan melalui media sosial instagram untuk berfokus pada target pasar barunya yaitu generasi milenial. Penelitian ini membahas mengenai efek rebranding melalui media sosial instagram Baso Aci Akang terhadap khalayak. Penelitian ini berfokus kepada bagaimana efek rebranding melalui sosial media instagram pada presepsi dan keputusan khalayak dalam mengkonsumsi media tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan Forum Group Discussion (FGD) dengan 7 peserta yaitu generasi milenial, pengguna aktif instagam, mengikuti akun @basoaciakang, @ariefmuhammad atau @laleilmanino, dan mengetahui keterkaitan antar objek penelitian dengan objek lainnya. Peneliti juga melakukan observasi dan mencari data online melalui media sosial instagram milik Baso Aci Akang atau website resmi untuk mendukung penulisan skripsi ini. Teori yang digunakan ialah Uses and Effects Theory oleh Sven Windhal. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan media social Instagram dalam promosi rebranding Baso Aci Akang merupakan pilihan tepat. Berfokus pada target pasar barunya, instagram merupakan wadah bagi kaum milenial. Dengan melakukan kolaborasi dengan public figure yang juga digandrungi oleh kaum milenial, Baso Aci Akang juga mendapat respon positif dalam promosinya. Dengan mempertimbangkan karakteristik individu, harapan dan presepsi terhadap media serta tingkat akses media, promosi Baso Aci Akang melalui instagram membuat khalayak khususnya kaum milenial semakin sadar akan kehadiran produk UMKM ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rebranding, Efek Media, Instagram, Khalayak, Uses and Effects Theory
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: 1151700144 Erica Devina Tanael
Date Deposited: 30 Jul 2021 10:48
Last Modified: 30 Jul 2021 10:48
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item View Item