Analisis Framing Pemberitaan Ujaran Rasial Neymar Dalam Lanjutan Ligue 1 Prancis Pada Media Bola.com Edisi September 2020 (Audience di Dukuh Kupang Timur 6 Surabaya)

Tirtana, Muhammad Nanda (2021) Analisis Framing Pemberitaan Ujaran Rasial Neymar Dalam Lanjutan Ligue 1 Prancis Pada Media Bola.com Edisi September 2020 (Audience di Dukuh Kupang Timur 6 Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
text.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Jurnal_M Nanda Tirtana.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Analisis Framing Pemberitaan Ujaran Rasial Neymar Dalam Lanjutan Ligue 1 Prancis Pada Media Bola.com Edisi September 2020 (Audience di Dukuh Kupang Timur 6 Surabaya).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan media olah raga di Indonesia Bola.com dalam membingkai pemberitaan kasus ujaran Neymar dalam lanjutan Ligue 1 Prancis. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah pendekatan framing model Robert N. Entman dengan pendekatan metode kualitatif. Pada pembahasan framing model Robert N. Entman adalah soal penyeleksian isu dan penonjolan isu. Pendefinisian dari model framing Entman adalah pengidentifikasian masalah (problem identification), mencari penyebab masalah (causal interpretation), membuat keputusan (make moral judgement) dan solusi atas masalah (treatment recommendation). Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Bola.com membingkai berita insiden pada pertandingan lanjutan Ligue 1 antara Paris Saint Germain melawan Olympique Marseille sebagai permasalahan yang biasa terjadi dalam pertandingan sepak bola, meskipun keributan tersebut diduga menyangkut isu rasisme (2) Media Bola.com tidak langsung sepenuhnya menilai insiden ini sebagai masalah rasisme atau tindakan diskriminasi (3) Media mengkonstruksi insiden sesuai dengan perkembangan-perkembangan yang terjadi, sehingga tidak menimbulkan sebuah dugaan-dugaan dari khalayak publik.(4) Neymar sebagai pihak yang diduga mengalami tindakan rasisme atau diskriminasi ditampilkan dengan porsi yang cukup banyak selain kepopuleranya sebagai atlet sepak bola yang sering disorot, pandangan dari Neymar dalam pernayataan-pernyataanya dianggap Bola.com bisa memberikan sudut pandang atau wawasan baru kepada masyarakat khusunya masyarakat Indonesia terkait isu-isu yang berkaitan dengan ras.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Media, Analisis, Framing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: 1151700127 Muhammad Nanda Tirtana
Date Deposited: 28 Jul 2021 12:52
Last Modified: 28 Jul 2021 12:52
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10176

Actions (login required)

View Item View Item