Studi Eksperimen Pengaruh Tekanan %Mg Terhadap Densitas, Kekerasan dan Struktur Mikro Paduan Al-Mg Dengan Metode Metalurgi Serbuk

Pambudi, Isfiyanto Luhur and Hermawan, Galuh Candra Pujo (2021) Studi Eksperimen Pengaruh Tekanan %Mg Terhadap Densitas, Kekerasan dan Struktur Mikro Paduan Al-Mg Dengan Metode Metalurgi Serbuk. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
Abstrak..pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Paduan dengan bahan dasar aluminium termasuk paduan yang sangat kaya manfaatnya dalam dunia perindustrian. Sebagian dari manfaatnya seperti peralatan rumah tangga, peralatan informasi, energi berkelanjutan, dan ilmu kehidupan bahkan diharapkan dapat memenuhi tren baru di industri otomotif, kendaraan listrik dan hybrid. Banyak sekali metode yang dilakukan untuk mensintesis paduan ini, contohnya adalah dengan metode metalurgi serbuk, dengan menambahkan komposisi magnesium. Kompaksi dilakukan dengan beban 4000 Psi, 5000 Psi dan 6000 Psi dan ditahan selama 5 menit. Pada analisis ini akan dilakukan tanggang sintering pada paduan setelah dilakukan pencampuran dan penekanan. Sintering dilakukan pada suhu 4500C selama 90 menit. Identifikasi pada material menggunakan densitas, kekerasan dan struktur mikro. Banyak komponen yang mempengaruhi sifat mekanik paduan Al-Mg, maka pada penelitian ini akan melibatkan serbuk Al, yang akan ditambahan serbuk Mg dengan komposisi 3,5%, 4,5% dan 5,5% berat. Dengan ditambahan serbuk Mg diharapkan dapat memperbaiki sifat mekanik dan struktur mikro paduan berbasis aluminium dibandingkan dengan alumunium murni. Dari hasil penelitian didapatkan nilai densitas pada setiap variasi penambahan %Mg dan tekanan dimana densitas terbesar ada pada variasi penambahan 3,5% Mg dengan tekanan sebesar 4000 Psi dengan nilai densitas 2,52 gr/cm3 dan nilai densitas terandah pada aluminium murni dengan tekanan 4000 Psi dengan nilai 2,33 gr/cm3. Sedangkan nilai kekerasan terendah pada tekanan 6000 Psi tanpa penambahan Mg yaitu 46,91 HRB, dan nilai kekerasan tertinggi pada tekanan 5000 Psi dengan penambahan Mg 4,5% dengan nilai kekerasan 49,3 HRB. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penambahan paduan Mg membuat densitasnya menurun, dapat dilihat pada grafik 4.2, dan juga semakin tinggi penambahan Mg, nilai kekerasannya juga mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metalurgi serbuk, Paduan Al-Mg, Tekanan, Komposisi Mg, Kompaksi, Sintering, Struktur Mikro
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin
Depositing User: 1421700035 Isfiyanto Luhur Pambudi
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:13
Last Modified: 08 Sep 2021 01:13
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item