MAKNA PESAN DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK SOSIAL MEDIA” DI TRANS TV

AZIZA, LAILYATUL (2018) MAKNA PESAN DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK SOSIAL MEDIA” DI TRANS TV. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (452kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (178kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persuasif atau mendidik khalayak yang bersifat sosial agar masyarakat sebagai audiens dapat bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik. Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi, mengajak atau mendidik khalayak di mana tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Iklan layanan masyarakat juga menyimpan tanda-tanda yang mempunyai makna bagi khalayak. Salah satunya, dalam iklan layanan masyarakat yang di tayangkan di TRANS TV dengan judul “Bijak Sosial Media” yang mempunyai banyak makna dalam pesan iklannya. Oleh karena itu peneliti tertarik dalam mengulas balik makna dalam pesan iklan tersebut. Berdasarkan latar belang di atas, memicu permasalahan apa makna pesan iklan layanan masyarakat “bijak sosial media” yang tayang di TRANS TV. Penelitian ini merupakan penelitian tipe kualitatif. Metode penelitian kualitatif di definisikan sebagai metode penelitian ilmu-ilmu sosial yang mengumpulkan dan menganilisis data berupa kata-kata lisan maupun tulisan. Dalam penelitian pemaknaan data ini dengan pengumpulan data sekunder dari beberapa dokumen yang berbentuk tulisan. Dokumen merupakan fakta dan data tersimpan dalam berbagai bahan yang berbentuk dokumentasi. Teori yang digunakan peneliti adalah teori semiotika dari Charles Sanders Peirce, dengan tampilan menggunakan jenis tanda : Sign, Object, dan Interpretant. Dalam pemaknaan iklan layanan masyarakat ini dimaksudkan untuk merubah pola pikir khalayak penonton agar lebih pandai lagi dalam menggunakan media sosialnya. Dalam adegan-adegan yang ditayangkan menggambarkan seorang wanita yang kurang bisa menjaga privasi dalam kehidupanny

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Makna Pesan, Iklan Layanan Masyarakat, Bijak Sosial Media, Semiotika Charles Sanders Peirce
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 19 Nov 2018 12:20
Last Modified: 19 Nov 2018 12:20
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item View Item