Analisa Pengaruh Abu Ampas Tebu sebagai Substitusi Parsial Semen terhadap Waktu Pengikatan Pasta Semen dan Sifat Fisik - Mekanik Beton Alir

Arrowrichta, Billy (2021) Analisa Pengaruh Abu Ampas Tebu sebagai Substitusi Parsial Semen terhadap Waktu Pengikatan Pasta Semen dan Sifat Fisik - Mekanik Beton Alir. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal Turnitin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Beton merupakan material yang umumnya digunakan oleh masyarakat dalam pembangunan. Pada saat pembangunan menggunakan material beton tak jarang terdapat beberapa permasalahan, dimana biasanya terdapat penulangan berjarak rapat sehingga dapat menimbulkan kesulitan dalam proses pemadatan beton yang beresiko dapat menyebabkan timbulnya rongga pada beton, dengan hal tersebut maka dibutuhkan beton alir. Beton alir terdiri dari beberapa bahan penyusun seperti semen, agregat kasar dan halus, air suling, dan bahan tambah lainnya. Dari kesemua bahan penyusun beton alir, bahan semen merupakan bahan yang sangat penting dalam pembuatan beton alir. Meskipun semen memiliki peran yang sangat penting dalam beton alir, akan tetapi semen juga menimbulkan beberapa dampak negatif bagi lingkungan seperti salah satunya yaitu dengan turut serta dalam meningkatkan emisi karbondioksida (CO2) di udara. Dengan demikian, diperlukan adanya usaha untuk mengurangi bahan semen sebagai bahan penyusun material beton alir, salah satunya dengan menggunakan bahan abu ampas tebu. Abu ampas tebu merupakan hasil olahan dari batang tebu yang sudah digiling dan dibakar. Pemilihan menggunakan abu ampas tebu dikarenakan memiliki beberapa kelebihan, salah satunya yaitu memiliki kandungan silika yang sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak abu ampas tebu yang digunakan maka akan memperlama waktu setting time, dimana persentase 10% memberikan waktu 310 menit untuk mengeras. Nilai slump flow terbesar terdapat dalam persentase 2,5% dengan memberikan nilai 58,375cm. Nilai berat jenis dalam keadaan segar menunjukkan bahwa semakin banyak abu ampas tebu yang digunakan memberikan tren meningkat, dan untuk keadaan kering secara menyeluruh menunjukkan bahwa semakin banyak abu ampas tebu yang digunakan memberikan tren menurun. Nilai resapan beton terbesar terdapat dalam persentase 10% dengan memberikan nilai resapan beton sebesar 4,922%. Nilai kuat tekan maksimum diperoleh dalam umur 28hari pada persentase 2,5% dengan memberikan nilai kuat tekan sebesar 22,930Mpa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Beton Alir, Semen, Abu Ampas Tebu
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: 1431700019 Billy Arrowrichta
Date Deposited: 08 Sep 2021 00:59
Last Modified: 08 Sep 2021 00:59
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10073

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item